lazada

Friday, October 7, 2016

Stream replication pada PostgreSQL

Ga terasa sudah mau 2 tahun aja nih afat begelut dengan postgresql. Yang awalnya bingung kenapa di pgadmin(aplikasi untuk windows) strukturnya ko aneh. Ko aneh? Yaah namanya baru bergelut lagi dengan bidang IT setelah vacuum slama 1 tahun, taunya cuma mysql aja, dan itu pun pas kuliah dulu hehe.

Sempat dapat semacam challange dari developer, tentang replika pada database postgresql. Entah afat yang kepedean menganggap itu challange atau gimana gitu. Yang pasti afat merasa seperti tertantang.

Alhasil afat muter" kaya kemidi puter di si mbah google, lari" kaya pelari dikejar tayang gtu dr satu link ke link lain.

Dan akhirnya pun ketemu juga deh pencerahan hehehe.

Replika database itu apa sih?

Replika database itu, berdasarkan tafsiran afat, yaah bahasa kampungnya gtu, adalah duplikasi database utama. Dimana struktur, nama, index, bahkan sampai ke data nya pun sama. Hanya saja pada replika ini bersifat read only, atau hanya bisa di baca saja, tidak bisa di modifikasi atau di hapus.

Lantas bagaimana cara modifikasinya atau menghapus data tertentu?

Untuk memodifikasi atau menghapus data sampai merubah struktur database, bisa dilakukan dengan mengakses database masternya. Dan untuk replikanya sendiri akan mengikuti masternya.

Apa sih kelebihan dan kekurangan replika database?

Untuk kelebihannya sendiri menurut afat,
1. slave database(replika) bisa dijadikan sebagai master alternatif apabila terdapat masalah pada database utama.
2. Pendistribusian perintah query SELECT bisa langsung ke slave, master hanya untuk modifikasi data.

Untuk kekurangannya sendiri, afat belum nemuin hehehe.

Oke deh, sekian dulu tentang replication database pada postgresql. Next akan afat tulis bagaimana cara konfigurasinya.

Mohon maaf klo ada salah kata atau kekurangan dalam postingan ini. Xie xie :-)

SelengkapnyaStream replication pada PostgreSQL

Thursday, April 14, 2016

Aktivasi Win 10

Tidak lengkap rasanya jika afat post mentahan windows 10 tetapi afat tidak menyertakan cara aktivasinya.

Untuk aktivasi Windows 10, ada dua metode, yaitu melalui Command Promt/CMD atau menggunakan Aplikasi Re-Loader.

Biar afat g cape ngetik juga, dan biar kalian juga g perlu copas, untuk caranya udah afat upload ke file txt. jadi tinggal di unduh dan di simpan saja.

Yupssss g pake lama, langsung aja di sruput link nya hehe

Google Drive : Aktivasi Menggunakan CMD
Google Drive : Reloader V1.3 RC8
Google Drive : Reloader V1.4 Beta 2

Thanks buat agan www.bagas31.com yang udah share cara aktivasinya, serial nya, dan reloader 1.3 RC 8.
Untuk aktivasi menggunakan CMD, perhatikan langkah no 1, kudu konek internet.

SelengkapnyaAktivasi Win 10

Monday, April 11, 2016

Windows 10

Info Sistem
Sudah lama ga buka blog ini, dan sudah lama juga ga update software :-D

Iseng-iseng jalan-jalan di google, eh dapet yang posting ISO Windows 10.




Desktop Windows 10
Lumayan lah buat nambah koleksi windows dan iseng" nyobain windows 10 hehehe
Dan semalem pun udah nyobain di lepi alias laptop dengan spesifikasi prosesor Core i3 dan ram 4Gb (Screenshot pake PC :-D).

Dan beginilah penampilannya, dengan design ga neko neko, tapi enak dipandang. Dan juga memiliki performa yang lebih lihai dibanding sebelumnya.

kalo menurut afat, good laah windows 10, dari skala 1-10, 8 lah nilainya hehehe

Oke tanpa basa basi langsung aja hajar laaah (y).

Google Drive : Windows 10-32bit

Google Drive : Windows 10-64bit

nb : buat agan Joko Widodo, thq udah upload Win10. Xie xie

Update Post 2016-04-19
SelengkapnyaWindows 10

Wednesday, February 27, 2013

WSUS Offline Update, Siapakah Dia???


Lagi iseng-iseng googling, eh tiba-tiba ketemu something yang membuat afat begitu tertarik. Saking tertariknya, afat sampe terbengong-bengong #lebaymodeon :-D.
Emang apa sih something itu?

Yaappzz something itu adalah WSUS Offline Update yang menurut afat cukup userfriendly. Pasti kalian bertanya-tanya kan WSUS Offline Update itu apa? Hehe. Oke afat jelasin dikit, WSUS Offline Update adalah sebuah software yang akan mendownload update windows, dan menyimpannya kedalam harddisk  kita. Selain itu WSUS Offline Update juga bisa digunakan untuk menginstall update-an tersebut. Mulai dari Windows Server 2003 sampai dengan Windows Server 2012, yah tentunya termasuk juga Windowns XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8, serta Microsoft Office juga tentunya

Mungkin WSUS Offline Update adalah saudara kandung dari Autopatcher kali yaa hehe :P. nah menurut sobat blogger, mana yang lebih enak? Autopatcher atau WSUS Ofline Update?

Monggo langsung ke TKD:-D

Via Sharebeast : Versi 8.1 & Versi 8.1.1

Google Drive : WSUS Offline Update V10.6.1
SelengkapnyaWSUS Offline Update, Siapakah Dia???